DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI GENDER DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MELISA HAIRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis bagaimana ketimpangan gender berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Komponen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Angka Harapan Hidup, Rata-rata Lama Sekolah, dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, sedangkan pertumbuhan ekonomi melalui nilai Produk Domestik Regional Bruto. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan random effect model.

Hasil pengujian dari penelitian ini yaitu diketauhi bahwa, (1) ketimpangan gender dilihat dari komponen angka harapan hidup secara parsial berpengaruh positif dan tidak siginfikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan, rata-rata lama sekolah secara parsial berpengaruh negative dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan, tingkat partisipasi angkatan kerja secara parsial berpengaruh negative dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2011-2021 (2) ketimpangan gender dilihat dari komponen Angka Harapan Hidup, Rata-rata Lama (RLS) dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja secara simultan berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2011-2021.

Kata Kunci: Ketimpangan Gender; Pertumbuhan Ekonomi; Angka Harapan Hidup; Rata-rata Lama Sekolah; Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI