DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERAN BANPRES PRODUKTIF USAHA MIKRO SEBAGAI UPAYA MEMBANGKITKAN DAN MENGEMBANGKAN UMKM DI INDONESIA, STUDI KASUS PADA UMKM SASIRANGAN DI BANJARMASIN
PENGARANG:DADE RAHMANA GHANETHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


Dade Rahmana Ghanetha, 2023. Analisis Peran Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) Sebagai Upaya Membangkitkan dan Mengembangkan UMKM di Indonesia, Studi Kasus Pada UMKM Sasirangan di Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Pembimbing: Dr. Supriyanto, Ak., M.Pd.).

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Banpres Produktif Usaha Mikro efektif dalam membantu membangkitkan dan mengembangkan UMKM di Indonesia di tengah guncangan pandemi covid-19, khususnya UMKM Sasirangan di Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner saat wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yaitu model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Banpres Produktif Usaha Mikro efektif dalam membantu membangkitkan dan mengembangkan UMKM Sasirangan di Banjarmasin. Hal ini dapat dilihat dengan adanya perubahan positif kondisi usaha para pelaku usaha Sasirangan setelah menerima BPUM. Selain itu adanya peningkatan jumlah penjualan sebesar 88% dan jumlah pendapatan sebesar 70% perbulannya. Sedangkan untuk jumlah tenaga kerja yang dipekerjakan juga mengalami penambahan.

 

Kata Kunci: Banpres Produktif Usaha Mikro, Perkembangan UMKM Sasirangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI