DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ESTIMASI SUMBERDAYA PASIR SILIKA MENGGUNAKAN DATA PEMBORAN PADA PT BAMBU KUNING DELAPAN BELAS, DESA KUBU DAN SUNGAI KAPITAN KECAMATAN KUMAI KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:ARIF SETIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


Pasir silika merupakan salah satu sumberdaya alam yang terdapat di Indonesia dan digunakan sebagai bahan baku industri kaca, semen, ubin, keramik mozaik, bahan baku ferrous silicon dan silicon karbida. Untuk mengetahui keberadaan potensi pasir silika tersebut dilakukan eksplorasi. Dari data-data hasil eksplorasi yang didapatkan dari data tofografi yang telah dilakukan kita dapat menghitung cadangan pasir silika.

Kegiatan ini mengestimasi sumberdaya pasir silika pada PT Bambu Kuning Delapan Belas (PT BK18) yang dimana peneliti menghitung sumberdaya pasir silika menggunakan data pemboran yang telah dilakukan di PT BK18. Setelah menghitung sumberdaya pasir silika dilanjutkan dengan memodelkan sumberdaya yang di dapatkan menggunakan software arcgis dengan metode circular.

Setelah pengambilan data di lapangan kita lanjutkan dengan mengestimasikan sumberdaya pasir silika dengan metode circular. Setelah melakukan pengolahan data kita mendapatkan sumberdaya terukur pasir silika di daerah barat sebesar 13,006,261 m3 dan untuk terukur daerah tenggara sebesar 17,564,955 m3, untuk sumberdaya tertunjuk pasir silika di daerah barat sebesar 4,181,280 m3 dan untuk tertunjuk daerah tenggara sebesar 12,796,324 m3, untuk sumberdaya tereka pasir silika di daerah barat sebesar 5,693,627m3 m3 dan untuk tereka daerah tenggara sebesar 5,528,473 m3 pasir silika memiliki desitas sebesar 2.6 ton/ m3.

Kata Kunci Estimasi, Pasir Silika, Sumberdaya  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI