DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INOVASI MAL PELAYANAN PUBLIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN SEKTOR PUBLIK DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:DITA NURSYIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


ABSTRAK

Dita Nursyifa. 1910413120009. 2023. Inovasi Mal Pelayanan Publik Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Sektor Publik di Kota Banjarbaru. Dibimbing oleh Farah Qubayla.

            Tujuan Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui konsep inovasi Mal Pelayanan Publik di Kota Banjarbaru dan dampaknya terhadap peningkatkan kualitas sektor publik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan menurut Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mal Pelayanan Publik merupakan sebuah konsep inovasi yang bertujuan untuk menyediakan satu tempat terpadu bagi pemerintah dan instansi publik lainnya dalam memberikan pelayanan yang efesien dan berkualitas kepada masyarakat sehingga kualitas pelayanan sektor publik di Kota Banjarbaru dikatakan meningkat. Hal ini dilihat dari teori dan faktor dalam kualitas pelayanan menurut Parasuraman. Hadirnya Mal Pelayanan Publik di Kota Banjarbaru ini memberikan dampak yang positif bagi masyarakat karena proses pelayanan menjadi lebih cepat dan efektif karena berbagai instansi publik berada di satu tempat yang sama serta meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Dalam penelitian ini, terdapat keterkaitan antara teori yang digunakan dengan hasil penelitian. Adapun saran pada penelitian ini perlu adanya komitmen yang kuat dari pemerintah dan kerjasama antara berbagai instansi publik untuk memastikan keberlanjutan dan kesuksesan dari inovasi Mal Pelayanan Publik ini.

 

Kata Kunci: Inovasi, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik

 

ABSTRACT

Dita Nursyifa. 1910413120009. 2023. Publik Service Mall Innovation to Improve the Quality of PublicSector Services in Banjarbaru City. Supervised by Farah Qubayla.

The purpose of this research is to find out the concept of Public Service Mall innovation in Banjarbaru City and its impact on improving the quality of the publicsektor. The research method used is a qualitative approach with descriptive research type. Data collection techniques used according to Miles and Huberman are data collection, data reduction, data presentation and verification or conclusion drawing.

The results showed that the Public Service Mall is an innovative concept that aims to provide an integrated place for the government and other publik agencies in providing efficient and quality services to the community so that the quality of publik sektor services in Banjarbaru City is said to increase. This is seen from the theory and factors in service quality according to Parasuraman. The presence of the Public Service Mall in Banjarbaru City has a positive impact on the community because the service process becomes faster and more effective because various publik agencies are in the same place and increased publik satisfaction with publik services. In this study, there is a relationship between the theory used and the results of the research. The suggestions in this study need a strong commitment from the government and cooperation between various publik agencies to ensure the sustainability and success of this Public Service Mall innovation.

 

 

Keywords: Innovation, Service Quality, Publik Service

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI