DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH BUDAYA KOREA TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PADA MAHASISWA PRODI PPKN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:FIVI CUTNIRANDA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-20


Fivi Cutniranda Sari, 2023. Pengaruh Budaya Korea Terhadap Perubahan Perilaku Pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (Muhammad Elmy).

 

Kata Kunci : Budaya Korea, Perubahan Perilaku, Mahasiswa

 

Kemajuan teknologi dan kuatnya arus modernisasi telah membuat mahasiswa mengalami perubahan perilaku. Belakangan ini, budaya Korea telah mewabah secara besar-besaran di kalangan mahasiswa. Perubahan perilaku yang dialami oleh mahasiswa disebabkan oleh wabah tersebut di antaranya menyaksikan streaming performancae, MV, acara talksow, dan drama tentang idol K-POP secara rutin, serta mengikuti gaya hidup orang korea, fashion korea, bahasa korea bahkan membeli produk-produk dari korea sehingga mengakibatkan para mahasiswa harus meluangkan waktu dan uang yang tidak sedikit. Tidak jarang perubahan perilaku tersebut juga mengarah pada perilaku konsumtif,  seperti membeli pernak-pernik idolanya (album, lightstick, dan poster) dan membeli tiket konser yang berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Budaya Korea terhadap perubahan perilaku pada mahasiswa Prodi PPKn Universitas Lambung Mangkurat. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 82 orang mahasiswa. Teknik yang digunakan adalah metode kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t untuk menguji tingkat signifikan dari pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen. Uji dilaksanakan dengan langkah membandingkan t hitung dengan t tabel dengan menggunakan SPSS Seri 25 ketentuan jika t hitung > t tabel dan nilai signifikan < 0,05 ( α : 5% ).

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya Pengaruh Budaya  Korea terhadap Perubahan Perilaku Mahaiswa Prodi PPKn yang terlihat pada  hasil uji t, Berdasarkan nilai t tabel : nilai t hitung sebesar 12,696 > t tabel 1,664 . Melalui data yang diperoleh dapat di ambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan Budaya Korea dengan perubahan perilaku pada Mahasiswa Prodi PPKn Universitas  Lambung Mangkurat yang dipengaruhi oleh gaya hidup, fashion, dan produk nuansa Korea.

Saran dalam penelitian ini yaitu mampu menjadi referensi bagi mahasiswa khususnya mengenai informasi tentang perilaku remaja serta dapat memberi wawasan kepada mahasiswa yang menyukai Budaya Korea dalam memilah dan memilih perilaku mana yang sebaiknya ditiru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI