DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASlS APLlKASI MICROSOFT TEAMS PADA PELAJARAN IPA TOPIK PENCEMARAN LINGKUNGAN DALAM MELATIH LITERASI SAINS DIGITAL PESERTA DIDIK
PENGARANG:NOOR RAFIA RAHMIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-21


PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI MICROSOFT TEAMS PADA PELAJARAN IPA TOPIK PENCEMARAN LINGKUNGAN DALAM MELATIH LITERASI SAINS DIGITAL PESERTA DIDIK (Oleh: Noor Rafi’a Rahmie; Pembimbing: Rizky Febriyani Putri.,M.Pd., Yasmine Khairunnisa, S.Pd.,M.A; 2023;halaman 170)

ABSTRAK

Kecakapan dalam literasi sains sangat berkaitan erat dengan melek teknologi. Penggunaan media digital menjadi salah satu solusi karena memberikan suasana baru dan dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran, kapan saja dan dimana saja. Subjek penelitian ini berupa bahan ajar berbasis microsoft teams pada pelajaran IPA topik pencemaran lingkungan dalam melatih literasi sains digital peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan bahan ajar sehingga dapat diujicobakan dalam proses pembelajaran ditinjau dari penilaian validitas,kepraktisan dan efektivitas. Metode yang dipakai pada penelitian dan pengembangan ini, yaitu Research and Development (R&D) dan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar angket dan tes pretest posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis microsoft teams pada pelajaran IPA topik pencemaran lingkungan dalam melatih literasi sains digital peserta didik memiliki validitas bahan ajar sebesar 87,84% dan validitas tes pretest posttes sebesar 95%, kepraktisan dengan hasil respon angket sebesar 90,88%, dan keefektifan hasil perhitungan n-gain dari pretest posttest dengan rata?rata n-gain persen sebesar 86,33. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis microsoft teams pada pelajaran IPA topik pencemaran lingkungan dalam melatih literasi sains digital peserta didik dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Bahan ajar, microsoft teams, literasi sains digital, pencemaran lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI