DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS AKSES KEUANGAN PADA UMKM (Studi Pada UMKM di Desa Tenjojaya)
PENGARANG:MALIK IBRAHIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-21


Malik Ibrahim, 1910412210051, 2023. Analisis Akses Keuangan Pada UMKM Studi pada UMKM di Desa Tenjojaya, Di bawah bimbingan: bapak Taharuddin

Salah satu permasalahan yang dihadapi UMKM di Indonesia adalah keterbatasan dana pribadi, sehingga jalan yang biasanya ditempuh adalah dengan melakukan pinjaman atau mengakses keuangan. Namun ada juga UMKM yang memilih tidak mengakses keuangan dan ada pula yang sudah mengakses keuangan tapi tidak mengakses kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kenapa pelaku UMKM tidak mengakses keuangan dan kenapa pelaku UMKM yang sudah mengakses keuangan tapi tidak mengakses kembali.

Lokasi penelitian ini yaitu di Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Sebanyak 4 UMKM dipilih sebagai informan dengan metode purposive sampling. Observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan dalam pengumpulan data pada penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukan, pelaku UMKM tidak mengakses keuangan karena disebabkan angsuran kredit, persaingan usaha, perizinan usaha, fokus pengelolaan usaha, profit atau keuntungan, kelangkaan bahan dalam produksi serta agunan. Dan latarbelakang pelaku UMKM tidak mengakses keuangan kembali disebabkan oleh kondisi makro ekonomi, lokasi usaha dan fokus pengelolaan usaha.

Kata kunci: UMKM, Akses Keuangan, Profit.

                            

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI