DIGITAL LIBRARY



JUDUL:REKRUTMEN PETUGAS PEMUNGUTAN SUARA DALAM PEMILIHAN UMUM BERDASARKAN PERATURAN KOMISI PEMILIHAN UMUM NOMOR 3 TAHUN 2018
PENGARANG:YOFFY ALVINDO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-21


Pemilihan umum merupakan salah satu pilar demokrasi yang penting dalam sistempemerintahan di Indonesia. Keberhasilan dan integritas pemilihan umum sangat bergantungpada proses pemungutan suara yang efisien dan adil. Salah satu aspek penting dalam prosespemungutan suara adalah rekrutmen petugas pemungutan suara yang bertanggung jawabuntuk memastikan kelancaran dan keamanan proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis rekrutmen petugas pemungutan suara dalam pemilihan umum berdasarkanPeraturanKomisiPemilihanUmumNomor3Tahun2018.Metodepenelitianinimenggunakan pendekatan studi literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis informasiyang relevan mengenai rekrutmen petugas pemungutan suara. Selain itu, dilakukan jugaanalisisisiterhadapPeraturanKomisiPemilihanUmumNomor3Tahun2018untukmemahami persyaratan, prosedur, dan mekanisme rekrutmen yang diatur dalam peraturantersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3Tahun 2018 memberikan landasan yang jelas dan terperinci mengenai rekrutmen petugaspemungutan suara. Beberapa faktor penting yang diatur meliputi persyaratan calon petugaspemungutansuara,prosedurseleksi,pelatihan,dantugasyangdiembanolehpetugaspemungutan suara.Meskipun peraturan ini telah memberikan panduan yang baik, masihterdapatbeberapatantangandalamimplementasinya.Beberapadiantaranyaadalahketerbatasansumberdayamanusiayangberkualitas,koordinasiyangefektifantaraKPUdan pihak terkait, serta pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan rekrutmen. Penelitianini memberikan kontribusi dalam pemahaman terkait proses rekrutmen petugas pemungutansuaradalam pemilihan umum di Indonesia.

 

KataKunci:Rekrutmenpetugaspemungutansuara,Pemilihan umum.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI