DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN DEWAN ADAT DAYAK DALAM MENYELESAIKAN KASUS HAMIL DILUAR NIKAH DI KELURAHAN BAAMANG TENGAH KECAMATAN BAAMANG KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR SAMPIT TAHUN 2019
PENGARANG:TAUFIK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-21


Latar belakang penelitian ini ialah untuk mengetahui peran serta upaya dari LembagadewanadatdalammenanganikasushamildiluarnikahdiKelurahanBaamangtengahKecamatanBaamangKabupaten Kotawaringin Timur Sampit.

Metodepenelitianmenggunakanmetodesejarahmelaluitahapanheuristik,kritik,interpretasidanhistoriografi.Tahapheuristikmengumpulkandataprimerdansekunderdengansumber data lisan, tertulis serta benda. Teknik pengumpulan data melalui wawancara danobservasilangsung.

hasilpenelitianmenunjukanbahwafactor-faktoryangmenyebabkanhamildiluarnikahdisebabkan oleh beberapa factor yaitu, pergaulan bebas , kurangnya perhatian dan bimbingandariorangtua,pengaruhteknologiatausocialmediadankurangnyakesadaransertaPendidikan agama . Adapun upaya yang telah dilakukan oleh Lembaga dewan adat Dayakdalam menangani kasus hamil diluar nikah tersebut dengan memberikan hukuman berupasanksiataudendauntuksi pelakudenganketentuanyang telahditetapkanolehLembaga adat.

Walaupun ada beberapa hal yang diputuskan diselesaikan dengan cara kekelurgandikarenakan menyesuaikan dengan kondisi masyarakat saat itu, akan tetapi denda dan sanksitetapdiberlakukansebagaisalahsatuperingatanatauefekjeraagardiharapkankejadianserupatidak terjadi lagi dan juga bertujuan untuk pembelajaran bagi para remaja bahwa kesalahanyang kalian lakukan bukan hanya akan menghancurkan masa depan kalian saja tapi jugamembuatlukadantraumapadakeluargakalianterutamapadakeduaorangtua sertadapatjadipembelajaranuntukmasyarakatbahwaPendidikanagamadalamkehidupansehari–harisangatlahpenting untuk menanamkan nilai moralserta tanggung jawab dalam kehidupan.

Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data, dapat di simpulkan Permasalahanmengenai hamil di luar nikah ini juga dapat diselesaikan melalui jalur adat, maka dari itu diperlukanupayadanjugaperanlembagaadatdalammenyelesaikanperkarahamildiluarnikahiniapabilaadabeberapapihakyang merasakeberatan danmelaporkannya kelembaga adat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI