DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPON PERTUMBUHAN BIBIT GAHARU (Aquilaria malaccensis Lamk) TERHADAP KOMBINASI PERLAKUAN MEDIA, NAUNGAN DAN SUNGKUP PLASTIK
PENGARANG:ABDI RAHIM YUDANI
PENERBIT:FAKULTAS KEHUTANAN
TANGGAL:2019-01-16


RINGKASAN
ABDI RAHIM YUDANI. Respon pertumbuhan bibit gaharu (Aquilaria malaccensis) terhadap kombinasi perlakuan media, naungan dan sungkup plastik. Dibimbing oleh Prof. Ir. H. Basir, M.S., Ph.D. sebagai dosen pembimbing I dan Ir. Sulaiman Bakri, M.S. sebagai dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon pertumbuhan bibit gaharu (Aquilaria malaccensis Lamk) terhadap kombinasi perlakuan media, naungan, dan sungkup plastik. Pertumbuhan tersebut diwakili oleh variabel tinggi, diameter, dan jumlah daun bibit gaharu. penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang pertumbuhan bibit gaharu melalui teknologi penggunaan media pertumbuhan, naungan, dan sungkup plastik di persemaian.
Objek penelitian ini adalah bibit gaharu yang berasal dari BPSKL (Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan lingkungan) berumur 4 bulan. Analisis data menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan pola faktorial (RAL faktorial) dengan faktor A (media) terdiri dari 2 taraf (topsoil 100% dan topsoil 75% + pasir 25%), faktor B (naungan dengan paranet) terdiri dari 3 taraf (tanpa naungan paranet, paranet dengan naungan 50%,paranet dengan naungan 75%) dan faktor C (sungkup plastik) terdiri dari 2 taraf (dengan sungkup plastik dan tanpa sungkup plastik) sehingga terdapat terdapat 12 kombinasi perlakuan dengan ulangan sebanyak 10 kali.
Hasil penelitian menunjukan bahwa respon pemberian kombinasi perlakuan berpengaruh sangat nyata terhadap pertambahan tinggi, jumlah daun dan diameter.
Kata kunci: Aquilaria malaccensis, taraf naungan, sungkup plastik, respon pertumbuhan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI