DIGITAL LIBRARY



JUDUL:OPTIMALISASI KONTRIBUSI PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH TERKAIT PENDAPATAN DAERAH DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKY ELMUNA HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi, pengaruh dan kebijakan pemerintah daerah dalam optimalisasi kontribusi pajak daerah dan retribusi daerah terkait pendapatan daerah dalam rangka meningkatkan kemandirian keuangan daerah Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan analisis kontribusi dan regresi linier berganda menggunakan data sekunder yang bersumber dari Laporan Realisasi anggaran yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi Pajak Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah tergolong sangat baik dengan rata-rata kontribusinya sebesar 60%, sedangkan kontribusi Retribusi Daerah termasuk kategori kurang dengan rata-rata kontribusinya sebesar 16%. Selanjutnya kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Daerah masih tergolong sangat kurang karena rata-rata kontribusinya yang kurang dari 10%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Kemandirian Keuangan Daerah. Pemerintah daerah Kota Banjarmasin telah melakukan kebijakan untuk meningkatkan optimalisasi kontribusi pajak daerah dan retribusi daerah dalam rangka meningkatkan kemandirian keuangan daerah Kota Banjarmasin.

Kata Kunci : Kontribusi; Kebijakan; Pajak Daerah; Retribusi Daerah; Kemandirian Keungan Daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI