DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PENYEDIAAN PEDESTRIAN BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NO.79 TAHUN 2013 TENTANG JARINGAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DI JALAN IR.P.H MOCH NOOR KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:QAMARA SUCI RAMADHANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


Qamara Suci Ramadhanti 1910411220045, 2023, Evaluasi Penyediaan Pedestrian Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.79 Tahun 2013 Tentang Jaringan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Di Jalan Ir.P.H Moch Noor Kota Banjarmasin. Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat. Di Bawah Bimbingan Avela Dewi. 

 

Fokus penelitian ini adalah evaluasi penyediaan pedestrian. Dengan rumusan masalah bagaimana upaya pemerintah dalam penyediaan pedestrian dan faktor penghambat dalam pelaksanaan penyediaan pedestrian di jalan Ir.P.H.Moch Noor Kota Banjarmasin berdasarkan Peraturan Pemerintah no.79 tahun 2013 Tentang Jaringan Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan. tujuan peneltian ini  adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan penyediaan pedestrian.

Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwa penyediaan pedestrian di jalan Ir.P.H.Moch Noor Kota Banjarmasin dalam pelaksanaannya dinilai dari indikator efektivitas, efisensi, kecukupan, pemerataan, responsivitas dan ketepatan masih belum dikatakan baik atau optimal. Pedestrian yang ada masih belum memenuhi standar persyarataan yang ditetapkan. Pedestrian yang ada tidak memenuhi standar keamanan, keselamatan, kenyamanan, ruang bebas gerak dan kelancaran lalu lintas. Dari segi kecukupan penyediaan pedestrian dinila masih kurang dalam pemerataan. hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kurangnya pengawasan dari pemerintah dan kurangnya kesadaran masyarakat sehingga pedestrian yang ada tidak terjaga dengan baik yang membuat tidak sesuai dengan hasil kebijakan.

Pedestrian merupakan kepentingan publik yang perlu diperhatian oleh pemerintah, maka dari itu pemerintah harus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan penyediaan pedestrian, pemenuhan komponen-komponen pendukung keamanan, keselamatan, kenyamanan, ruang bebas gerak dan kelancaran lalu lintas sesuai dengan tutjuan kebijakan yang berlaku. Pemerintah perlu memberikan himbauan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam memelihara jalur pedestrian agat memberikan manfaat dan berfungsi sebagaimana mestinya.

 

Kata Kunci : Evaluasi, Kebijakan, Pedestrian

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI