DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN PADA TEMA LINGKUNGANKU MENGGUNAKAN VARIASI MODEL PICTURE AND PICTURE DENGAN METODE BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK AMALIA BANJARMASIN BARAT
PENGARANG:KARSINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-01-18


ABSTRAK

Karsinah, 2018. Mengembangkan Kemampuan Aspek Sosial Emosional Anak dalam Bersikap Kooperatif dengan Teman Menggunakan Variasi Model Picture and Picture dengan Metode Bermain Peran pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Amalia Banjarmasin Barat. Skripsi. Program PG-PAUD FKIP Unlam Banjarmasin, Pembimbing M. Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd

 

Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional, Model Picture and Picture dengan Metode Bermain Peran.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan anak dalam bersikap kooperatif dengan teman yang terlihat pada saat pembelajaran anak senang bermain sendiri, anak lebih suka bekerja sendiri dari pada berkelompok. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang disampaikan oleh guru hanya menggunakan papan tulis, metode ceramah dan tanya jawab, dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Untuk mengatasi hal tersebut maka diambillah model pembelajaran picture and picture dengan metode bermain peran, sehingga anak dapat bermain secara berkelompok pada saat pembelajaran berlangsung, karena adanya kebersamaan dan kekompakan anak menjadi semangat dan gembira. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan aspek sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Amalia Banjarmasin dengan jumlah anak sebanyak 12 orang anak yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I cukup baik, pada pertemuan ke II baik, pada pertemuan ke III baik, dan pada pertemuan ke IV memperoleh 35 kategori sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan 1V memperoleh presentasi penilaian meningkat 87% kategori sangat aktif, dan hasil perkembangan kemampuan anak dalam bersikap kooperatif dengan teman pada pertemuan 1V memperoleh presentrasi penilaian meningkat 83% kategori berkembang sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model, metode dan media pembelajaran pada aktivitas guru telah terlaksana sesuai rencana dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak telah mencapai kategori “sangat aktif”, dan hasil perkembangan kemampuan anak dalam bersikap kooperatif dengan teman sudah sesuai indikator keberhasilan yaitu berkembang “sangat baik”. Saran bagi kepala sekolah dan guru agar dapat menjadikan hasil penelitian tindakan kelas sebagai salah satu alternatif model, metode dan media pembelajaran dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak yang optimal. 

 

ABSTRACT

 

 

Karsinah, 2018. Develops The Emotional Social Aspect of The Child in Cooperating With Friends Using Variations of Picture and Picture with Role Playing Method in Children Group B Kindergarten Amalia Banjarmasin Western. Essay. Program PG-PAUD FKIP Unlam Banjarmasin, Mentor M. Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd

 

Keywords : Emotional Social Development, Picture and Picture with Role Playing Method.

 

          The problem in this research is the low ability of children in cooperating with friends who seen at the time of learning children likes to play alone, children prefer to work alone rather than in groups. This is because the lessons conveyed by teachers only use whiteboards, lecture and question and answer methods, and learning is still teacher-centered. To overcome this then showed model of learning picture and picture with role play method, so that children can play in groups as the learning takes place, because of the togetherness and kekompakkan child into spirit and joy. This study aims to determine the activities of teachers, children activities, and the development of emotional social aspects of children in cooperating with friends.

          The research approach used is qualitative approach with classroom action research type, this research is conducted in 4 meetings. This research was carried out on children of group B Kindergarten Amalia Banjarmasin with the number of children as many as 12 children consisting of 7 boys and 5 girls.

          The results showed that teacher activity at meeting 1 was good enough, at the 2nd and 3rd meeting well, at the 4th meeting got 35 categories very well. Activity of children at meeting 4 received presentation of assessment increased 87% category is very active, and the development of children's ability in cooperating with friends at meeting 4 received presentation of assessment increased 83% category developed very well.

          Based on the result of the research, it can be concluded that the use of model, method and instructional media on teacher activity have been done according to plan with the category "very good", activity of child have reached "very active" category, and result of child ability development in cooperative with friend success is developing "very good". Suggestions for principals and teachers in order to make the results of classroom action research as an alternative model, methods and learning media in developing the optimal social aspect of children.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI