DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM KELOMPOK SADAR WISATA BERBASIS KEWARGANEGARAAN EKOLOGIS DI DESA UJUNG PANDARAN KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:ERTIKA AJIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-24


Ertika Ajizah, 2023. Implementasi Program Kelompok Sadar Wisata Berbasis Kewarganegaraan Ekologis Di Desa Ujung Pandaran Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Unversitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Muhammad Elmy

Kata Kunci: Implementasi, Program Kelompok Sadar Wisata, Karakter Peduli Lingkungan

            Program kelompok sadar wisata merupakan program yang dibuat untuk membentuk kesadaran masyarakat terhadap kondisi lingkungan yang memiliki potensi wisata. Kondisi lingkungan di Desa Ujung pandaran masih terdapat sampah yang berserakan hal ini dikarenakan masyarakat belum memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kondisi lingkungannya. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan Program Kelompok Sadar Wisata. Disamping itu, juga untuk mengetahui pelaksanaan dan Pencapaian dalam melaksanakan Program Kelompok Sadar Wisata berbasis kewarganegaraan ekologis di Desa Ujung Pandaran.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dalam mengidentifikasi suatu permasalahan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data primer sebagai data utama dan dilengkapi dengan sumber data sekunder. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi serta untuk analisis data, peneliti menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan penelitian.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan program kelompok sadar wisata di Desa Ujung Pandaran dilakukan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari tahapan yang dilakukan dalam merencanakannya yaitu melakukan sosialisasi, membentuk kepengurusan dan membuat strategi. (2) Pelaksanaan program kelompok sadar wisata berjalan dengan baik, ini dapat ditunjukkan dari partisipasi masyarakat, faktor penghambat yang sudah diberikan solusi, dan faktor pendorong yang menjadi tujuan utama pelaksanaan program ini. (3) Pencapaian yang dirasakan oleh masyarakat Desa Ujung Pandaran yaitu kepedulian dan tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungan semakin membaik, perkembangan pariwisata yang meningkat setiap tahunnya yang berdampak baik untuk pertambahan pendapatan masyarakat.         

            Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar aparat desa dan masyarakat Desa Ujung Pandaran tetap melaksanakan Program kelompok sadar wisata dengan baik. Aparat desa dan masyarakat dapat melakukan evalusi dan sosialisasi terlebih dahulu pada saat kegiatan kebersihan. Faktor yang menjadi penghambat pada saat kegiatan berlangsung bisa diatasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI