DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS SENTIMEN FACEBOOK DENGAN SELEKSI FITUR CHI SQUARE DAN ALGORITMA NAIVE BAYES | |
PENGARANG | : | RIZA HIDAYAT | |
PENERBIT | : | ||
TANGGAL | : | 2017-11-03 |
ABSTRAK
ANALISIS SENTIMEN FACEBOOK DENGAN SELEKSI FITUR CHI
SQUARE DAN ALGORITMA NAIVE BAYES (Oleh: Riza Hidayat;
Pembimbing: Fatma Indriani S.T, M.IT dan Dodon Turianto Nugrahadi, S.Kom, M.Eng; 2017; 68 halaman)
Media sosial saat ini telah menjadi media komunikasi yang sangat populer bagi kalangan masyarakat pengguna internet. Facebook merupakan salah satu media sosial yang memberikan kesempatan pengguna untuk menyampaikan komentar terhadap konten yang disajikan. Data komentar yang dihasilkan memiliki keragaman sentimen, dapat berupa opini positif maupun negatif. Hal inilah yang dapat digali untuk dilakukan penelitian analisis sentimen. Dalam penelitian analisis sentimen dikenal teknik seleksi fitur, seleksi fitur dilakukan untuk mereduksi fitur- fitur yang tidak relevan dalam proses klasifikasi. Fitur fitur yang relevan dengan jumlah tertentu akan dipertahankan untuk dilakukan proses klasifikasi. Namun dari beberapa penelitian belum dilakukan penelitian tentang pengaruh seleksi fitur dengan jumlah yang berbeda terhadap hasil akurasi analisis sentimen. Sehingga perlu dilakukan penelitian terkait pengaruh seleksi fitur dengan jumlah yang berbeda terhadap hasil akurasi analisis sentimen. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah pengujian dengan jumlah fitur yang berbeda beda, menghasilkan tingkat akurasi klasifikasi yang berbeda tergantung dari pengaruh
relevansi fitur terhadap kelas. Performa akurasi terbaik menggunakan algoritma
Naive Bayes dengan seleksi fitur Chi Square diperoleh pada pengujian klasifikasi
dengan jumlah 366 fitur yaitu nilai akurasi sebesar 91%.
Kata kunci: Analisis sentimen, Data mining, Naive Bayes, Seleksi fitur, Chi Square
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI