DIGITAL LIBRARY



JUDUL: Analisis Pengaruh ZoSS Terhadap Kecepatan Kendaraan pada Ruas Jalan A. Yani Km 42 Martapura (SDN Antasan Senor)
PENGARANG:Khairunnisa Sarullah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


Banyaknya sekolah di Indonesia yang terletak di tepi jalan raya yang dapat mengancam anak-anak maupun pejalan kaki yang menyeberang, karena hal itu maka Departemen Perhubungan Republik Indonesia memberlakukan program Zona Selamat Sekolah atau yang dikenal dengan ZoSS untuk seluruh daerah di Indonesia. Dikarenakan penggunaan ZoSS yang sangat penting maka diperlukan peninjauan tentang bagaimana tingkat efektifitas dan apakah ZoSS bisa berfungsi untuk mengurangi kecepatan bagi kendaraan yang melintasi area tersebut.

Sumber data yang diambil untuk penelitan ini dari volume kendaraan dan kecepatan kendaraan yang melintasi ZoSS, untuk metode yang digunakan yaitu metode Greenshield, Greenberg, Underwood, dan Bell dimana titik pengambilan data yang diambil yaitu 50 meter sebelum, sepanjang area ZoSS dan 50 meter setelah Zoss untuk semua jalur jalan, lalu akhirnya di nilai dengan Indek Tingkat Pelayanan (ITP).

Dari penelitian yang sudah dilakukan sehingga didapatkan efisiensi lalu lintas dari ZoSS untuk kecepatan mengalami penurunan sebesar 14,97% ketika akan memasuki area ZoSS, lalu mengalami kenaikan sebesar 23,02% ketika melewati area ZoSS. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektifitas lalu lintas karna pengaruh ZoSS telah bekerja secara efektif.


Kata kunci: ZoSS, Tingkat Efektifitas Lalu Lintas, Greenshield, Greenberg, Underwood, Bell.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI