DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODUL AJAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATERI MENGGUNAKAN DATA DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
PENGARANG:NUR JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


Peserta didik masih banyak yang memperoleh nilai matematika yang rendah dan kemampuan numerasi yang kurang. Salah satu usaha untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menyediakan modul belajar yang baik. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan modul ajar pada materi menggunakan data dalam mendukung impelemntasi kurikulum merdeka yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D dengan tahapan-tahapannya adalah define, design, develop, dan disseminate. Kevalidan modul ajar dinilai dari hasil validasi oleh tiga orang validator dengan rata-rata persentase sebesar 74,61% dan masuk pada kriteria valid. Kepraktisan modul ajar diperoleh dari lembar angket respon guru dengan rata-rata persentase sebesar 79,1% dan memenuhi kriteria praktis. Keefektifan modul ajar diperoleh dari hasil tes akhir siswa dengan rata-rata ketuntasan belajar sebesar 77,78% dan memenuhi kriteria efektif. Dengan demikian, modul ajar untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada materi menggunakan data dalam mendukung impelemntasi kurikulum merdeka yang valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Modul ajar, menggunakan data, kemampuan numerasi, kurikulum merdeka

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI