DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Rawat Jalan Di Puskesmas Gambut Kabupaten Banjar
PENGARANG:NUR HIDAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


ABSTRAK

Nur Hidayati, NIM: 1910411320008 (2023). “Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Rawat Jalan di Puskesmas Gambut Kabupaten Banjar”. Di Bawah Bimbingan Muhammad Riduansyah Syafari.

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kesehatan masyarakat rawat jalan di Puskesmas Gambut Kabupaten Banjar.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang datang untuk berobat rawat jalan dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling dengan teknik analisis statistik deskriptif skala likert.

            Berdasarkan hasil penelitian ini terkait kualitas pelayanan kesehatan masyarakat rawat jalan di Puskesmas Gambut Kabupaten Banjar dapat disimpulkan bahwa secara sekeluruhan adalah Cukup Baik dengan rata-rata skor 2.53, yang diukur berdasarkan aspek menurut Zeithaml, 1990 yaitu  Tangibility (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), assurance (Jaminan), dan empathy (Empati).

            Saran-saran yang dapat diberikan dengan adanya penelitian ini adalah: (1) Gedung yang terdapat pada Puskesmas perlu ditingkatkan kualitasnya, hal tersebut terutama dengan  renovasi gedung yang sudah lama tersebut secara total sehingga menciptakan kesan nyaman dan aman bagi para pengguna jasa palayanan masyarakat tersebut. Ruangan- ruangan kecil dan berhimpit serta gang untuk lalulalang baik petugas medis maupun pasien terasa sangat kecil dan sempit serta perlunya tambahan sarana dan prasarana yang mendukung operasional Puskesmas baik komputerisasi administrasi maupun perlengkapan medis untuk Pelayanan Kesehatan dasar. (2) Perlunya tambahan pengetahuan melelui pelatihan-pelatihan yang bersifat teknis untuk semua jajaran di Puskesmas agar lebih memahami dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dan juga diperlukan kursus manajemen jasa yang akan mengubah cara berpikir petugas bahwa pentingnya mutu kualitas pelayanan bagi pasien.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Rawat Jalan, Puskesmas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI