DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perubahan pH dengan pemberian bahan organik dan abu batubara pada pengelolaan air asam tambang dengan metode lahan basah buatan,
PENGARANG:ANNISA RASYIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian bahan organik dan abu batubara pada pangelolaan air asam tambang dengan sistem lahan basah buatan. Rancangan percobaan dari penelitian ini adalah menggunakan percobaan laboratorium menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan satu faktor yaitu pemberian kotoran ayam, eceng gondok, tandan kosong kelapa sawit serta kombinasi dengan abu batubara. Penelitian ini menggunakan tujuh buah perlakuan dengan masing-masing perlakuan akan diulang sebanyak tiga kali sehingga terdapat duapuluh satu satuan percobaan. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Tanah Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, dilaksanakan pada bulan Januari – februari 2021.

Terdapat perubahan pH air asam tambang setelah diberikan bahan organik dan juga kombinasi abu batubara dan bahan organik. Peningkatan pH dengan pemberian bahan organik tunggal berpengaruh nyata jika dibandingkan dengan kontrol, sedangan peningkatan pH dengan pemberian kombinasi bahan organik dan abu batubara berpengaruh sangat nyata jika dibandingkan dengan kontrol berdasarkan uji LSD/BNT dengan taraf 5%. Sejalan dengan pH AAT,  KTK tanah dan pH tanah pada penelitian ini juga berbeda nyata jika perlakuan dengan bahan organik maupun kombinasi bahan organik dan abu batubara dibandingkan dengan kontrol. Kesimpulan hasil pada penelitian ini adalah bahan organik dan abu batubara dapat meningkatkan pH AAT dengan lahan basah buatan, sejalan dengan pH AAT, KTK tanah dan pH tanah juga meningkat setelah diberi perlakuan bahan organik dan abu batubara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI