DIGITAL LIBRARY



JUDUL:URGENSI PERUBAHAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI TERKAIT PENANGANANKEKERASAN SEKSUAL DI LINGKUNGAN SEKOLAH
PENGARANG:AHMAD FAUJA SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-25


Ahmad Fauja Saputra. Juni 2023. Urgensi Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Terkait Penanganan Kekerasan Seksual Di Lingkungan Sekolah. Skripsi, Program Sarjana Program Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, 55 Halaman. Pembimbing Ketua: Dr. Hj. Elina, S.H., M.H. dan Pembimbing: Risni Ritiawati, S.H., M.H.

ABSTRAK

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana urgensi pembentukan peraturan menteri khususnya menteri pendidkan terkait dengan penanganan dan pencegahan tindak kekerasan seksual di lingkungan sekolah serta bagaimana konstruksi hukum dari peraturan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Hukum Normatif sebagai jenis penelitian yang bersifat preskriptif dengan menggunakan tipe doctrinal research serta Pendekatan Perundang-undangan (statue approach) serta pendekatan konseptual (conceptual approach) sebagai pendekatan penelitiannya. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, serta analisis bahan hukum menggunakan teknik studi kepustakaan yaitu melalui buku-buku, karya ilmiah, jurnal, dan Melalui internet baik berupa artikel berita, hasil penelitian seperti jurnal maupun peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pokok- pokok permasalahan. Hasil dari penulisan skripsi ini adalah: Pertama, Peraturan tersebut memiliki urgensi yang sangat besar untuk segera dibentuk hal ini berkaitan dengan banyaknya faktor yang mebuat peraturan tersebut harus segera di buat dan diterapkan. Kedua, terkait dengan konstruksi hukum dari peraturan tersebut nantinya akan menitikberatkan kepada bagaimana dibentuknya satuan tugas yang khusus untuk menangani perkara kekerasan seksual serta bagaimana nantinya keMenterian pendidikan membentuk suatu pola ajar yang baru untuk menciptakan lingkungan sekolah yang terbebas dari kekerasan seksual.

Kata Kunci: Kekerasan Seksual, Anak, Pendidikan, Peraturan Menteri 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI