DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH U-TURN TERHADAP TINGKAT PELAYANAN ARUS LALU LINTAS (STUDI KASUS U-TURN JALAN GUBERNUR SOEBARDJO KM. 21 BANJARBARU)
PENGARANG:MUHAMMAD HYOGA FARRAS DAFFA
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2019-01-18


ABSTRAK
Jalan Gubernur Soebardjo adalah sebuah jalan lingkar yang menghubungkan antara Pelabuhan Trisakti di kota Banjarmasin ke Liang Anggang di kota Banjarbaru, banyak dilewati oleh kendaraan-kendaraan sumbu besar yang membawa berbagai macam barang dari atau ke Pelabuhan Trisakti. Di sepanjang jalan, terdapat banyak aktifitas yang diakibatkan oleh banyaknya pergudangan besar dan sentra industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya U-turn terhadap tingkat pelayanan jalan Gubernur Soebardjo Km. 21.
Pengukuran variabel waktu tempuh dilakukan menggunakan stopwatch, sedangkan pengukuran volume dilakukan secara manual yaitu dengan mencatat masing-masing setiap kendaraan yang lewat. Metode yang digunakan adalah pendekatan model Greenshields, Greenberg, dan Underwood.
Dari hasil analisis diperoleh model hubungan linier (Greenshields) yang memberikan nilai korelasi rendah & sedang (0,20 - 0,399 & 0,40 - 0,599) yaitu sebesar 0,23 – 0,54 pada dua hari pengamatan. Ditinjau terhadap pengaruh ada dan tidak adanya U-turn dengan karakteristik lalu lintas maka didapat pada arus arah menuju Pelabuhan Trisakti terjadi peningkatan volume maksimum lalu lintas sebesar 38,88 %, penurunan kecepatan maksimum lalu lintas sebesar 4,08 % dan peningkatan kepadatan maksimum lalu lintas sebesar 41,38 %. Sedangkan pada arus arah menuju Liang Anggang terjadi penurunan volume maksimum lalu lintas sebesar 12,31 %, peningkatan kecepatan maksimum lalu lintas sebesar 1,18 % dan penurunan kepadatan maksimum lalu lintas sebesar 13,33 %. Dengan tidak adanya U-turn pada arus arah menuju Pelabuhan Trisakti terjadi kenaikan ITP jalan sebesar 5,13 % - 46,94 % dan pada arus arah menuju Liang Anggang terjadi kenaikan ITP sebesar 0 % - 44,26 %. Ditinjau pengaruh adanya volume kendaraan yang melakukan U-turn terhadap ITP pada kondisi arah menuju Pelabuhan Trisakti memperlihatkan hubungan korelasi yang sangat rendah (0 – 0,199) yaitu sebesar 0,02 dibandingkan arah menuju Liang Anggang memperlihatkan tidak adanya hubungan korelasi (< 0) yaitu sebesar -0,33.
Kata Kunci: U-turn, Greenshields, Greenberg, Underwood, ITP.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI