DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Sistem Drainase di Perumahan Raudhatul Muhibbin Guntung Manggis
PENGARANG:MUHAMMAD RAYHAN KHAIRY KAMIL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-26


Perumahan Raudhatul Muhibbin yang berlokasi di Jalan Transad Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pada saat curah hujan sangat tinggi akan tergenangi banjir. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan sistem drainase yang baik dan efektif sehingga dapat mengalirkan air dengan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis debit rancangan, mengevaluasi drainase eksisting dan mendesian sistem drainase.

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data curah hujan selama 20 tahun dari tahun 2001 hingga 2022 dari Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor. Analisis debit banjir rencana menggunakan metode rasional, kemudian debit banjir rencana digunakan sebagai evaluasi untuk saluran eksisting. Desain saluran rencana dihitung berdasarkan penampang saluran ekonomis. Serta kolam tampungan didesain berdasarkan debit air yang mengalir di saluran sistem drainase.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa seluruh saluran eksisting dapat menampung debit banjir rencana dimana debit banjir rencana terbesar 0,09913 m3/detik. Dikarenakan tidak ada saluran pembuang ke badan penerima air yang lebih besar, maka air limpasan hujan akan ditampung sementara di kolam tampungan. Debit air maksimum yang masuk ke dalam kolam tampungan adalah sebesar 0,62181 m3/detik dan kapasitas kolam tampungan 900 m3.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI