DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA DALAM REKRUTMEN GENERASI MILENIAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF POLITICAL CITIZENSHIP (Studi Kasus DPW PSI Kalimantan Selatan)
PENGARANG:YASMEEN BIANDA FADHILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-26


ABSTRAK

 

Yasmeen Bianda Fadhillah. 2023. Strategi Partai Solidaritas Indonesia Dalam Rekrutmen Generasi Milenial Ditinjau Dari Perspektif Political Citizenship (Studi Kasus Dpw Psi Kalimantan Selatan). Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Reja Fahlevi, M.Pd.

Kata kunci : Strategi, DPW PSI, Rekrutmen Politik, Generasi Milenial, Political Citizenship

 

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah strategi yang dilakukan dalam merekrut generasi milenial melalui jalur rekrutmen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana DPW PSI Kalimantan Selatan dalam melakukan rekrutmen dengan tiga indikator meliputi kemampuan Individu, Jalur Kaderisasi dan Jalur Ikatan Primordial.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap pemilihan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat pada Strategi Partai Solidaritas Indonesia Dalam Rekrutmen Generasi Milenial ditinjau dari perspektif Political Citizenship: (1)kemampuan Individu dapat dilihat dari keterampilan yang dimiliki oleh individu. Dengan kemampuan yang dimiliki individu akan memudahkan dalam proses rekrutmen (2) Jalur Kaderisasi  dapat dilihat dari kader yang dipilih langsung oleh partai (3) Jalur Ikatan primordial dapat dilihat bahwa PSI melakukan rekrutmen secara terbuka tanpa melihat suka, ras, agama, kepercayaan dan adat istiadat.

Dalam keseluruhan, DPW PSI Kalimantan Selatan memiliki strategi rekrutmen generasi milenial yang beragam, yang melibatkan penilaian berdasarkan kemampuan individu, pendekatan kaderisasi, dan mungkin juga mempertimbangkan ikatan primordial. Tujuan utamanya adalah membangun tim yang berbakat, kompeten, dan berkomitmen yang dapat memperkuat partai di wilayah tersebut. Disarankan DPW PSI Kalimantan Selatan juga lebih memperkuat pendekatan berbasis kemampuan individu, penguatan program kaderisasi, memperluas basis pendukung

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI