DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Industri Kreatif Subsektor Seni Kriya Tenun Pagatan di Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:SABRINA AYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-26


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh modal, tenaga kerja, dan omzet terhadap pendapatan usaha industri kain tenun; (2) Untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap pendapatan usaha industri kain tenun. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode analisis regresi linier berganda dilakukan uji f (simultan) dan uji t (parsial). Penelitian kuantitatif menggunakan data primer dengan responden sebanyak 37 orang pemilik industri tenun pagatan yang diperoleh dari hasil wawancara menggunakan kuisioner.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor modal berpengaruh negatif dan signifikan terhadappendapatan. Faktor tenaga kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Faktor omzet berpengaruh positif dan signifikanterhadappendapatanIndustrikaintenun. Secara simultan variabel modal, tenaga kerja, dan omzetberpengaruhsignifikanterhadappendapatan. Dari ketiga variabel bebas tersebut variabel omzet adalah faktor yangmempunyai pengaruh paling dominan terhadap pendapatan industri kain tenun.

Kata Kunci: Industri Kreatif; Pendapatan; Modal; Tenaga Kerja; Omzet.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI