DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa di SMA Negeri 1 Anjir Pasar
PENGARANG:ZULVI AINUL ILMY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


Zulvi Ainul Ilmy. 2023. Peran Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dalam Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa di SMA Negeri 1 Anjir Pasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M.Pd. dan Pembimbing II: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

            Keterampilan sosial sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, guna membentuk individu yang berkualitas. Satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan sosial pada peserta didik di sekolah, yaitu melalui OSIS. Dengan adanya OSIS, siswa dapat terlibat dalam berbagai kegiatan sosial yang dapat membantu siswa membangun hubungan sosial yang lebih baik.

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanperan OSISdalam pengembangan keterampilan sosial siswa di SMA Negeri 1 Anjir Pasar.

            Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Wakasek Kesiswaan, Guru Pembina OSIS dan siswa pengurus OSIS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability dan uji confirmability.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) OSIS dapat berperan sebagai wadah, penggerak dan preventif bagi siswa untuk belajar dan berlatih keterampilan sosial secara aktif dan nyata. 2) Melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan OSIS,  siswa dapat mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan, keterampilan komunikasi, keterampilan kerjasama, keterampilan menghadapi konflik, keterampilan menyelesaikan masalah dan keterampilan mencari, memperoleh dan mengolah informasi serta keterampilan lintas budaya.

            Simpulan penelitian ini yaitu keberadaan OSIS di SMA Negeri 1 Anjir Pasar mampu menjadi tempat pelatihan, memotivasi serta membina siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dengan baik melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan OSIS SMA Negeri 1 Anjir Pasar selama satu periode.

Kata Kunci: Peran, OSIS dan Pengembangan Keterampilan Sosial Siswa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI