DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP VAKSINASI COVID-19 DI DESA RANTAWAN KECAMATAN AMUNTAI TENGAH KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:MAWARDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


ABSTRAK

 

Mawardah, 1810413120008, 2023, Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Vaksinasi COVID-19 di Desa Rantawan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Bimbingan oleh  Saifudin.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Vaksinasi COVID-19 di Desa Rantawan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori dari Merilee S.Grindle mengenai implementasi kebijakan yaitu isi kebijakan dan lingkungan implementasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Pemerintah terhadap Vaksinasi COVID-19 di Desa Rantawan Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara cukup terlaksana, hal ini dilihat dari Isi Kebijakan, indikator kepentingan kelompok sasaran untuk memahamkan masyarakat tentang dasar-dasar pelayanan vaksinasi sudah terlaksana dengan baik. Tipe manfaat sudah terlaksana dengan baik. Derajat perubahan yang diharapkan sebagian targetnya sudah cukup terlaksana dengan baik. Letak pengambilan keputusan sudah terlaksana. Pelaksanaan Program sudah terlaksana dilihat dari para pelaksana program yang kompeten memberikan pelayanan terbaik dengan mementingkan kenyamanan masyarakat. Sumber daya yang dilibatkan sudah terlaksana dengan adanya SDM yang memadai dan saling bekerjasama antara Pemerintah Desa dengan Puskesmas Sungai Malang, Kodim 1001 HSU, dan Polres HSU. Selanjutnya Lingkungan Implementasi, indikator kekuasaan, kepentingan, dan strategi aktor yang terlibat sudah terlaksana dengan strategi untuk menarik minat masyarakat dengan mengadakan sosialisasi, pembagian sembako, dan pembagian doorprize. Karakteristik lembaga dan penguasa kurang terlaksana dilihat dari strategi yang dilakukan terhadap kendala yang terjadi ternyata masih kurang mampu untuk meningkatkan minat masyarakat. Kepatuhan dan daya tanggap kurang terlaksana dilihat dari masih banyaknya masyarakat tidak mengikuti vaksinasi sesuai jadwal yang tertera di kartu vaksin.serta tidak melaksanakan vaksinasi sampai dengan tahap terakhir atau booster.

 

Kepada Pemerintah Desa perlu membuatkan forum diskusi dengan masyarakat yang sampai sekarang tidak mau untuk mengikuti vaksinasi, membuat himbauan berupa spanduk atau baliho untuk tidak mudah percaya dengan berita bohong atau hoax, serta memperbaiki data-data vaksinasi agar lebih rapi dan sistematis. Selain itu, masyarakat desa juga lebih berpartisipasi penuh dalam program vaksinasi serta konsisten untuk mengikuti vaksinasi dari dosis pertama, dosis kedua, sampai dosis terakhir atau booster.

 

Kata kunci: Implementasi, Vaksinasi, COVID-19.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI