DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMPERATIF INSTITUSI PEMBANGUNAN SOSIAL DESA STUDI DI DESA PASIR PANJANG DAN DESA KUBU KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
PENGARANG:NADYA RHOMADANI SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


ABSTRAK

 

Nadya Rhomadani Saputri, 1910413220017, Komperatif Institusi Pembangunan Sosial Desa Studi Desa Pasir Panjang Dan Desa Kubu Kabupaten Kotawaringin Barat). Dibimbing oleh M. Najeri Al Syahrin.

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui komperatif institusi pembangunan sosial Desa di Desa Pasir Panjang dan Desa Kubu Kabupaten Kotawaringin Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis kualitatif komperatif dengan tipe penelitian deskriptif yang menghimpun data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan pembangunan sosial desa dengan menggunakan pendekatan institusi politik dan ekonomi dari aspek bidang kemiskinan, kesehatan, dan pendidikan di Desa Pasir Panjang relatif lebih baik dibandingkan dengan Desa Kubu. Desa Pasir Panjang dan Desa Kubu memiliki institusi politik yang cenderung ekstraktif. Dimana telah terjadi hegemoni kekuasaan di Desa Pasir Panjang dimana kekuasaan hanya dikuasai oleh segelintir orang saja, walau demikian kinerja pemerintah desa dan kepemimpinan kepala desa tergolong cukup baik. Sedangkan Desa Kubu masyarakat merasa aspirasi mereka tidak didengarkan dengan baik oleh kepala desa. Kepala desa jarang untuk terjun langsung ke masyarakat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya krisis kepercayaan terhadap penguasa telah terjadi di Desa Kubu. Institusi politik yang ekstraktif terjadi di Desa Pasir Panjang dan Desa Kubu ternyata tidak mempengaruhi institusi ekonomi yang ada di antara kedua desa ini. Institusi ekonomi di antara kedua desa ini cenderung inklusif, dimana dalam pemenuhan hak kepemilikan atas apa yang dimiliki oleh masyarakat sangat terpenuhi. Pelayanan terhadap sertifikat tanah dan surat izin usaha bahkan dalam membuka usaha untuk memenuhi kesejahteraan perekonomian masyarakat di Desa Pasir Panjang dan Desa Kubu ini dipenuhi dengan baik oleh pemerintah desa.

Kata Kunci: Pembangunan Sosial Desa, Institusi Politik, Institusi Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI