DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Melalui Likuiditas Sebagai Variabel Moderasi
PENGARANG:ANITA MAULINA RAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-27


Anita Maulina Rahmi (2023). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Melalui Likuiditas Sebagai Variabel Moderasi. Pembimbing: Sufi Jikrillah.

Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap kebijakan dividen; (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen; (3) mengetahui dan menganalisis apakah likuiditas dapat memperkuat atau meperlemah hubungan profitabilitas terhadap kebijakan dividen; dan (4) mengetahui dan menganalisis apakah likuiditas dapat memperkuat atau memperlemah hubungan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen.

Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 69 perusahaan dengan melalui seleksi menggunakan metode purposive sampling menghasilkan 40 data dari 10 perusahaan dengan 4 periode penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Regresi Linear Berganda dan Analisis Regresi Moderasi (MRA).

Hasil pengujian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen. Sedangkan  likuiditas tidak mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen.

 

Kata Kunci: Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI