DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN HISTORIOPRENEURSHIP BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA
PENGARANG:NANDA FACTUR RISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


ABSTRAK

 

Nanda Factur Risa, 2023. EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN HISTORIOPRENEURSHIP BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. (Pembimbing I: Dr. Muhammad Rahmattullah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Ananda Setiawan, M.Pd.)

 

Mahasiswa lulusan program studi Pendidikan Ekonomi sebagai lulusan keguruan juga harus mampu menciptakan peluang usaha yang edukatif berbasis kearifan lokal. Kewirausahaan pada bidang kesejarahan (historiopreneurship) merupakan peluang usaha yang berpotensi. Melalui media pembelajaran historiopreneurship berbasis android sebagai perantara dalam pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan intensi berwirausaha mahasiswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk: (1) menganalisis validitas media pembelajaran historiopreneurship berbasis android, (2) menganalisis kepraktisan media pembelajaran historiopreneurship berbasis android, dan (3) menganalisis efektivitas media pembelajaran historiopreneurship berbasis android dalam mengetahui tingkat intensi berwirausaha mahasiswa pada bidang kesejarahan. Motode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan menggunakan model ADDIE. Ada 5 (lima) tahapan dalam model ADDIE yaitu tahap analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (developt), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran historiopreneurship berbasis android dengan nama BAHIMAT berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh hasil rata-rata sebesar 4,23 dengan kriteria sangat valid dan memperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori sangat praktis. Hasil validasi ahli materi memperoleh hasil rata-rata sebesar 4,79 dengan kriteria sangat valid dan memperoleh persentase sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Pada hasil uji coba lapangan, respon mahasiswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh rata-rata sebesar 4,25 dengan kriteria sangat valid dan memperoleh persentase sebesar 85% dengan kategori sangat praktis. Media pembelajaran historipreneurship dikembangkan guna meningkatkan intensi berwirausaha mahasiswa pada bidang kesejarahan. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test yang memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan perbandingan nilai t didapatkan thitung > ttabel yaitu 5,788 > 2,069 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan skor post-test, sehingga terdapat pengaruh dan keefektifan yang tinggi dalam penggunaan media pembelajaran historiopreneursip berbasis android dalam mengukur tingkat intensi berwirausaha historiopreneurship mahasiswa. 

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Historiopreneurship, Android, Intensi Berwirausaha

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI