DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI SOSIAL PADA AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI SMAN 1 ANJIR MUARA
PENGARANG:WIWI MUSRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


Banyak kasus yang berkaitan dengan kurangnya rasa sadar pada nilai sosial yang ada pada diri peserta didik. Sifat individualisme, hedonisme dan konsumerisme yang muncul di kalangan remaja karena perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih membuat nilai sosial berupa gotong royong, kerja sama, kepedulian semakin memudar. Penekanan nilai sosial dalam lingkungan sekolah juga perlu dilakukan dan dilaksanakan secara optimal yang diharapkan dapat mendorong sekolah untuk membantu peserta didik agar dapat menjadi warga negara yang baik sehingga mampu berperan secara aktif dan efektif dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan kegiatan dari ekstrakurikuler PMR SMAN 1 Anjir Muara,Kabupaten Barito Kuala. 2) Nilai sosial pada aktivitas ekstrakurikuler PMR di SMAN 1 Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi ke SMAN 1 Anjir Muara, wawancara dengan narasumber yaitu guru Pembina PMR, anggota PMR, Pelatih PMR dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri yang membuat pedoman pengamatan, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.

 Hasil penelitian terhadap nilai sosial pada aktivitas ekstrakurikuler Palang Merah Remaja di SMAN 1 Anjir Muara yaitu 1) aktivitas PMR SMAN 1 Anjir Muara meliputi aktivitas indoor berupa latihan rutin PMR dan sosialisasi, dan outdoor meliputi latihan rutin PMR dan relawan. 2) Nilai sosial yang ada pada aktivitas ekstrakurikuler PMR ada 6 meliputi bekerjasama, suka menolong, kasih sayang, kerukunan, suka memberi nasehat, dan peduli nasib orang lain. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas PMR SMAN 1 Anjir Muara meliputi aktivitas indoor dan outdoor. Nilai sosial yang muncul pada aktivitas tersebut meliputi bekerjasama, suka menolong, kasih sayang, kerukunan, suka memberi nasehat, dan peduli nasib orang lain.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI