DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENANGANAN SAMPAH DI WILAYAH PERUMAHAN DAN PEMUKIMAN ASLI KELURAHAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:Naila Syarifah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


ABSTRAK

Naila Syarifah, 1810411220012. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Kelurahan Gambut Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Dibawah bimbingan Nurul Azkar

  

         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipartisipasi masyarakat dalam penanganan sampah di wilayah perumahan modern dan pemukiman asli Kelurahan Gambut Kabupaten Banjar serta faktor yang menghambat partisipasi masyarakat dalam penanganan sampah di wilayah tersebut.

         Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder diperoleh dari wawancara dengan informan dan dokumen yang terkait. Teknik pengolahan data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

                      Hasil penelitian menunjukkan partisipasi masyarakat dalam penanganan sampah di wilayah perumahan modern yang dimulai dari tahap pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, dan tahap pemrosesan akhir lebih baik daripada di wilayah pemukiman asli. Di wilayah perumahan modern partisipasi masyarakat berupa pikiran, tenaga, dan uang cukup baik, namun partisipasi masyarakat berupa pemanfaatan sampah kurang baik. Sedangkan diwilayah pemukiman asli pasrtisipasi masyarakat dari pikiran kurang baik, tenaga cukup baik, pemanfaatan sampah dan uang kurang baik.

          Saran peneliti: 1) Diharapkan masyarakat perumahan dan pemukiman asli agar dapat melakukan pemanfaatan sampah. 2) Diharapkan pihak developer dapat memenuhi kewajibannya untuk membuat Tempat pembuangan Sampah (TPS). 3) Diharapkan agar pemerintah dan masyarakat dapat bekerjasama dalam membuat program dalam menangani sampah.

 

 

Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Penanganan Sampah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI