DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR) DAN DEBT TO EQUITY RATIO (DER) TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE) PADA BANK UMUM SWASTA NASIONAL KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) TAHUN 2017-2021
PENGARANG:Nururrahmah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


ABSTRAK

            Nururrahmah, 1810412120014, 2023. Pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Equity (ROE) Pada Bank Umum Swasta Nasional Konvensional Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tahun 2017-2021, di bawah bimbingan Bapak Setio Utomo.

            Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Return On Equity (ROE) Pada Bank Umum Swasta Nasional Konvensional Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tahun 2017-2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah perolehan sebanyak 35 sampel. Jenis data berupa data sekunder dari laporan keuangan dan analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan pengolahan data menggunakan bantuan IBM Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai sig. 0,376 > 0,05. Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai sig. 0,751 > 0,05. Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh tidak signifikan secara simultan terhadap Return On Equity (ROE) dengan nilai sig. 0,662 > 0,05.

            Berdasarkan hasil uji dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Loan to Deposit Ratio (LDR) berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), maka kesimpulannya H1 ditolak. Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap Return On Equity (ROE), maka kesimpulannya H2 ditolak. Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh tidak signifikan secara simultan terhadap Return On Equity (ROE), maka kesimpulannya H3 ditolak. 

 

Kata Kunci :  Loan to Deposit Ratio (LDR), Debt to Equity Ratio (DER), dan  Return On Equity (ROE).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI