DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KERAGAMAN GENDER DEWAN, DAN INDEPENDENSI DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN GREEN BANKING DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
PENGARANG:INDRI NUR RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


Indri Nur Rahmawati (2023). Pengaruh Kepemilikan Institusional, Keragaman Gender Dewan, dan Independensi Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Green Banking dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi.

Pembimbing: Dr. Hj. Rahma Yuliani, SE, M.Si., Ak.

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kepemilikan institusional terhadap pengungkapan green banking; (2) menganalisis pengaruh keragaman gender dewan terhadap pengungkapan green banking; (3) menganalisis pengaruh independensi dewan komisaris terhadap pengungkapan green banking; (4) menganalisis profitabilitas memoderasi pengaruh kepemilikan institusional terhadap pengungkapan green banking; (5)  menganalisis profitabilitas memoderasi pengaruh keragaman gender dewan terhadap pengungkapan green banking; (6) menganalisis profitabilitas memoderasi pengaruh independensi dewan komisaris terhadap pengungkapan green banking.

Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan subsektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2019-2021. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 69 data berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderating Regression Analysis (MRA) dengan bantuan SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan green banking dan keragaman gender dewan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan green banking. Sedangkan, independensi dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan green banking, serta profitabilitas tidak mampu memoderasi pengaruh kepemilikan institusional, keragaman gender dewan, dan independensi dewan komisaris terhadap pengungkapan green banking.

 

Kata Kunci: Kepemilikan Institusional, Keragaman Gender Dewan, Independensi Dewan Komisaris, Profitabilitas, Green Banking Disclosure.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI