DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Biopriming Larutan Tomat dan Trichoderma spp Terhadap Viabilitas dan Vigor Benih Padi Lokal
PENGARANG:RECA YUVITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


Biopriming larutan tomat dan Trichoderma spp. terhadap viabilitas dan vigor benih padi lokal dibimbing oleh Bapak Dr. Ir. H. Hairu Suparto, M.Si. dan Bapak Ir Jumar, M.P.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara larutan tomat dengan  jenis Trichoderma spp. terhadap viabilitas dan vigor benih padi lokal varietas Siam Mayang yang mengalami kemunduran dan untuk mengetahui konsentrasi larutan tomat dan jenis Trichoderma spp. yang mampu meningkatkan viabilitas dan vigor benih padi lokal varietas Siam Mayang yang mengalami kemunduran.  Larutan tomat dan Trichoderma spp. mampu meningkatkan viabilitas dan vigor dan benih padi lokal, disebabkan kandungan Indole Acetic Acid (IAA) dan Indole Butyric Acid (IBA). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Produksi dan Laboratorium Terpadu Jurusan Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru, pada bulan April 2023.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial. Menggunakan 12 kombinasi perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga didapatkan 36 unit satuan percobaan. Faktor pertama adalah konsentrasi larutan tomat (k) yang terdiri dari 4 taraf yaitu akuades (k0), larutan tomat 10% (k1), larutan tomat 15% (k2) dan larutan tomat 20% (k3). Faktor kedua adalah perlakuan jenis Trichoderma spp. yang terdiri dari 3 taraf yaitu tanpa Trichoderma (t0), Trichoderma harzianum (t1) dan Trichoderma viridae (t2). Menggunakan metode UKDdp (Uji Kertas Digulung dalam plastik) dengan setiap gulungan berisi               50 benih padi lokal varietas siam mayang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biopriming Larutan Tomat dan Trichoderma spp. Berpengaruh terhadap viabilitas dan vigor benih padi lokal varietas Siam Mayang yang mengalami kemunduran serta mampu meningkatkan viabilitas dan vigor benih terhadap potensi tumbuh maksimum, daya berkecambah, indeks vigor, keresempakan tumbuh dan kecepatan tumbuh benih padi lokal varietas Siam Mayang pada konsentrasi larutan tomat 20%.  

Pelaksanaan penelitian ini yaitu persiapan benih, pembuatan larutan tomat, pengenceran Trichoderma spp.,  Biorpiming dan penaburan benih. Analisis data yang dipakai adalah uji kehomogenan ragam Barlett. Jika data homogen dilakukan analisis ragam. Pada hasil analisis ragam bila perlakuan berpengaruh nyata maupun sangat nyata dilanjutkan uji nilai tengah menggunakan Duncan Multiple Rank Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan Biopriming larutan tomat yang dikombinasikan dengan Trichoderma spp. berpengaruh terhadap viabilitas dan vigor benih padi lokal variaetas Siam Mayang yang sudah lama disimpan dan Biopriming menggunakan larutan tomat pada konsentrasi 20% yang dikombinasikan dengan Trichoderma spp. dapat meningkatkan potensi tumbuh maksimum, daya berkecambah, indeks vigor, keserempakan tumbuh dan kecepatan padi lokal varietas siam mayang yang sudah lama disimpan.  

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI