DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Warna Perangkap Feromon Terhadap Hasil Tangkapan Hama Kumbang Tanduk Pada Tanaman Kelapa Sawit Yang Sudah Menghasilkan
PENGARANG:YUSTI NURLAILI RATYASMOTI PRAMUDYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


YUSTI NURLAILI RATYASMOTI PRAMUDYA, Efektivitas Warna Perangkap Feromon Terhadap Hasil Tangkapan Kumbang Tanduk Pada Tanaman Kelapa Sawit Yang Sudah Menghasilkan, dibimbing Ir. Jumar, M.P dan Prof. Dr. Ir. H. Akhmad Gazali, M.S.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna alat perangkap dan feromon (ethyl 4-methyloctanoate) terhadap jumlah hama kumbang tanduk tertangkap pada tanaman kelapa sawit dan mengetahui warna yang paling berpengaruh terhadap jumlah kumbang tanduk (Oryctes rhinoceros) yang tertangkap. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan pada Maret sampai April 2023 di Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di PT. Mustika Sembuluh, Jl. Jendral Sudirman KM 62 Sampit, Kabupaten Kotawaringi Timur, Kalimantan Tengah.

Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) merupakan komoditas tanaman perkebunan yang banyak ditanam di Indonesia dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu yang menjadi penghambat tanaman kelapa sawit adalah hama yang menyebabkan turunnya produksi tanaman. OryctesrhinocerosLatau kumbang tanduk merupakansalahsatuhamayang mengakibatkan kerugian pada perkebunan kelapa sawit. Salah satu cara mengendalikan serangga hama adalah dengan menggunakan perangkap warna. Perangkap ini memanfatkan ketertarikan serangga pada warna tertentu. SecaraumumpengendalianOryctes rhinoceros yangselamainidilakukanmeliputi:pengutipanlarvadankumbang,mengurangi tempat berkembang biak (breeding site) hama serta aplikasiinsektisidayangmemerlukanbiayatinggi.Feromonmerupakanbahanyang mengantarkan serangga pada pasanganseksualnya,mangsanya,tanamaninangdantempat berkembang biaknya.Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK), yang terdiri dari 10 perlakuan dengan 3 pengulangan sehingga ada 30 satuan percobaan. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan perangkap yang paling efektif ialah perangkap warna kuning dengan feromon.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI