DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BUKU ILMIAH POPULER ETNOBOTANI ARTOCARPUS MASYARAKAT BANJAR DESA BERINGIN KENCANA UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:RIDA SITA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


Rida Sita Dewi, 2023. Pengembangan Buku Ilmiah Populer Etnobotani ArtocarpusMasyarakat Banjar di Desa Beringin Kencana untuk Melatihkan Berpikir Kritis Mahasiswa. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Dharmono, M.Si dan (II) Dr. H. Badruzsaufari, M.Sc.

 

Kata kunci: Artocarpus, Berpikir Kritis, Buku Ilmiah Populer, Etnobotani, Masyarakat Banjar

 

Buku ilmiah populer merupakan salah satu sumber belajar tentang penelitian yang disajikan secara ilmiah dengan menggunakan bahasa yang sederhana, singkat, jelas dan mudah dipahami. Namun, ketiadaan buku ilmiah populer yang berisikan mengenai kajian Etnobotani Artocarpus menjadikan mahasiswa dan khalayak luas tidak mengetahui banyaknya manfaat pada bagian tumbuhan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ilmiah populer etnobotani Artocarpusmasyarakat Banjar di desa Beringin Kencana yang layak digunakan untuk melatihkan berpikir kritis mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan model EDR melalui evaluasi formatif dari Tessmer yang meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan. Subjek uji validitas adalah tiga pakar dosen Magister Pendidikan Biologi ULM, tiga mahasiswa untuk uji perorangan, lima mahasiswa untuk uji kelompok kecil dan uji lapangan dengan dua puluh mahasiswa S1 Pendidikan Biologi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validitas, keterbacaan isi, respon mahasiswa, dan keterlaksanaan produk untuk menilai kevalidan dan kepraktisan serta menggunakan penuntun praktikum dan soal evaluasi untuk menilai keefektifan buku ilmiah populer. Data penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan buku ilmiah populer dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi oleh pakar dengan kategori sangat valid, dinyatakan praktis berdasarkan hasil keterbacaan isi, respon mahasiswa dan keterlaksanaan produk dengan kategori sangat baik, serta dinyatakan efektif berdasarkan hasil N-Gain yang diperoleh dengan kategori sedang. Diperoleh simpulan bahwa buku ilmiah populer yang dikembangkan adalah layak digunakan untuk melatihkan berpikir kritis mahasiswa. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI