DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENETAPAN TERSANGKA INVESTASI BODONG (BINARY OPTION) DALAM PERSPEKTIF TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG
PENGARANG:YULIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui ukuran sebuah Penetapan Tersangka Investasi Bodong (Binary option) dalam Perspektif Tindak Pidana Pencucian Uang. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis penelitian hukum normatif yang merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperoleh bahan hukum melalui studi kepustakaan dengan cara menganalisis bahan-bahan hukum yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.

 

Menurut hasil dari penelitian Skiripsi ini antara lain :

Kaitan antara investasi bodong (binary option) dengan tindak pidana pencucian uang diatur dalam menurut Pasal 378 KUHP atau Pasal 492 Undang-Undang 1/2023Upaya yang dapat dilakukan dalam menekan tingkat kasus tindak pidana penipuan atau tindakan pencucian uang  berkedok investasi online sebagai upaya perlindungan adalah melalui upaya preventif yang dapat dilakukan dengan cara penyuluhan terhadap masyarakat baik di tingkat nasional maupun secara kedaerahan melalui instansi terkait. Sedangkan upaya represif dilakukan dengan cara penindakan, seperti halnya memberikan hukuman yang jera terhadap pelaku tindak pidana penipuan investasi illegal baik secara online maupun tidak. Selain dari pada itu dengan mempertegas ketentuan mengenai investasi online agar keamanan dan kepastian hukum terhadap investor semakin jelas.

 

Pada Penetapan tersangka pada tindak pidana pencucian uang dalam kasus investasi bodong (Binary Option) didasarkan pada alat bukti. Terdapatnya unsur kesalahan dan kesengajaan dalam melakukan perbuatan yang melanggar hukum serta kerugian yang dialami pihak lain sebagai korban. Selain itu, semua proses dalam upaya penetapan tersangkan didasarkan pada unsur-unsur perbuatan pencucian uang sebagaimana pada pasal 3, 4 dan 5 Undang-Undang No.8 Tahun 2010. 

 

Kata Kunci : Tindak Pidana, Investasi Bodong, Pencucian Uang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI