DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU MASYARAKAT BANTARAN SUNGAI DI DESA ANJIR SERAPAT MUARA 1
PENGARANG:NAMIRA REGITHA KASTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


Namira Regitha Kastina, 2023. Perilaku Masyarakat Bantaran Sungai di Desa Anjir Serapat Muara 1. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I Prof. Dr. Bambang Subiyakto, M.Hum, dan Pembimbing II Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.

            Sungai memberikan manfaat untuk makhluk hidup yang tinggal di sekitar bantaran sungai. Akan tetapi pada saat ini permasalahan sungai menjadi topik yang sedang ramai diperbincangkan sebab permasalahan sungai berawal dari keadaan sungai itu sendiri ataupun dari perilaku manusia. Perilaku manusia yang buruk terhadap sungai akan menimbulkan beberapa masalah. Perilaku masyarakat bantaran sungai di Desa Anjir Serapat Muara 1 Kabupaten Barito Kuala, hingga saat ini masih memanfaatkan sungai untuk aktivitas sehari-hari diantara lain untuk mandi, mencuci, kakus, dan untuk konsumsi masyarakat. Dengan adanya aktivitas ini dapat berdampak buruk terhadap keadaan sungai terutama pencemaran terhadap kualitas air sungai akibat perilaku dan kebiasaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku masyarakat bantaran sungai di Desa Anjir Serapat Muara 1.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan mendeskripsikan perilaku masyarakat bantaran sungai di Desa Anjir Serapat Muara 1. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan,  triangulasi, dan member check.

Hasil penelitian terdapat perilaku positif dan negatif masyarakat bantaran sungai di Desa Anjir Serapat Muara 1. Perilaku positif masyarakat bantaran sungai Desa Anjir Serapat Muara 1 yaitu dalam mencari ikan di Sungai Barito mereka masih mempertahankan kearifan lokal dengan menggunakan alat tradisional berupa rengge, rempa, dan unjun. Sedangkan perilaku negatif masyarakat bantaran sungai di Desa Anjir Serapat Muara 1 masih kurang dalam menjaga kebersihan terlihat masyarakat disana masih membuang sampah di sungai. Hal ini dikarenakan di Desa Anjir Serapat Muara 1 belum tersedia tempat sampah ataupun orang/ kendaraan pengangkut sampah, wc umum, dan air bersih yang diperlukan masyarakat.

            Simpulan penelitian yaitu terdapat perilaku positif dan negatif masyarakat bantaran sungai di Desa Anjir Serapat Muara 1. Perilaku positif masyarakat bantaran sungai Desa Anjir Serapat Muara 1 yaitu dalam mencari ikan di Sungai Barito mereka masih mempertahankan kearifan lokal dengan menggunakan alat tradisional berupa rengge, rempa, dan unjun. Sedangkan perilaku negatif masyarakat bantaran sungai di Desa Anjir Serapat Muara 1 masih kurang dalam menjaga kebersihan terlihat masyarakat disana masih membuang sampah di sungai.

 

 

Kata Kunci : Perilaku, masyarakat, bantaran sungai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI