DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Isi Penerapan Bahasa Jurnalistik Pada Akun Instagram @Indozone.id Sebagai Media Informatif
PENGARANG:BERLIAN CAMELIA SAHRIANOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


ABSTRAK

Berlian Camelia Sahrianoor. 1910414220038. Analisis Isi Penerapan Bahasa Jurnalistik Pada Berita Akun Instagram @indozone.id Sebagai Media Informatif (Periode 1-31 Januari 2023). Dibawah bimbingan Lalita Hanief.

Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang populer, digunakan sebagai media publikasi untuk momen berharga dalam bentuk postingan berupa gambar dan video. Namun, kini Instagram digunakan sebagai media berita, dimana akun-akun dari perusahaan media berita mempublikasikan berita dalam bentuk postingan gambar dan video. Salah satunya adalah Indozone dengan akun @indozone.id yang menjadi akun media berita ternama di platform Instagram dengan konsep tampilan menarik yang menargetkan anak muda. Seiring berjalannya waktu. Indozone mendapat kritik pada kolom komentar karena berita-berita yang dipostingnya.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe penelitian Deskriptif. Objek penelitian ini adalah berita dari akun Instagram @indozone.id yang berpusat di kota Jakarta. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, dan obesrvasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi, dimana objek penelitian yang merupakan berita dianalisis dengan acuan 17 ciri utama bahasa jurnalistik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berita pada Instagram @indozone.terdapat nilai-nilai berita yang informatif, dan menggambarkan karakteristik jurnalistik dalam beritanya sebagai media online dalam platform media sosial Instagram. Pelanggaran dalam menulis berita ditemukan pada berita-berita @indozone.id karena tidak melakukan crosscheck pada sumber dan mempublikasikan segera saat berita sedang viral.

Kata kunci : Analisis isi, Instagram, Media berita

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI