DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PENINGKATAN FUNGSI TERMINAL BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA DAN PENUMPANG TERMINAL KOTA KUALA KAPUAS
PENGARANG:HARRY RARIO REPLY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


ABSTRAK

 

STRATEGI PENINGKATAN FUNGSI TERMINAL BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA DAN PENUMPANG TERMINAL  KOTA KUALA KAPUAS 

 

 

 

HARRY RARIO REPLY

 

1920828310033

 

 

 

Prof. Dr. IPHAN FITRIAN RADAM, S.T., M.T.

 

 

 

Manfaat terminal  merupakan penunjang kelancaran aktivitas transportasiorang dan peredaran barang, selan itu juga sebagai tempat  pertemuan intra dan  antarmoda  secara  lancar, aman dan  tertib.  Tetapi ada banyak situasi dimana terminal yang  telah disiapkan  pemerintah  masih  kurang maksimum  pemanfaatannya, demikian halnya yang berlaku di Terminal  Kota Kuala Kapuas,  untukitu diperlukan  analisis  guna menemukan dan mengurutkan  indikator, mengkajiindikator dengan bobot yang berpengaruhsignifikandalam memengaruhi kinerja dankemampuan  terminal  serta  mengetahui  areal  terminal yang palingdiminatimelalui tanggapan dan komentar pengguna dan penumpang.

 

Metode penelitian menggunakan sistem pengelompokan dengan Analytical  Hierarchy  Process (AHP). Menguraikan pengelompokan atas hal-hal yang secara signifikan berpengaruh terhadap peningkatan kapasitas terminal Kota Kuala Kapuas, terbagi dalam  5 hal utama yaitu aksesibilitas, fasilitas dan manajemen terminal, keamanan dan kenyamanan serta tingkat layanan jalan.  Dijabarkan dalam 23 (duapuluh tiga) parameter  kunci  dan 10  kluster.   

 

Paameter yang berdampak penting berkenaan atas peningkatan fungsi terminal Kota KualaKapuas eksisting sesuai rangkingnya yaitu aksesibilitas (19,17%), fasilitas dan manajemen terminal (30,60%) dan keamanan lingkungan terminal (15,53%),  kenyamanan  lingkungan  terminal (15,53%),  dan  tingkat  layanan  jalan (19,17%).

 

Hasil  Analytical  Hierarchy  Process (AHP) setelah dimaksimalkan menunjukkan  adanya  kenaikan nilai masing-masing  parameter kinerja  yaitu  fasilitas dan manajemen  terminal   35,24%,  aksesibilitas  24,52%. Lokasi  terminal  yang  paling  diminati  adalah  Terminal  Kota  Kuala  Kapuas  Banama  (58,89%),  subterminal  Danaumare  (15,93%),  dan  subterminal  Teratai  (25,19%). Meningkatnya  mutu dan reputasi terminal  yang sesuai  indikator kinerja kunci secara signifikan berpengaruh terhadap peningkaan fungsi  terminal.

 

 

Kata kunci:      FungsiiiTerminal,iIndikator iKinerja, iAnalisis iKluster, Analitycal iHierarchy Processi (AHP)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI