DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT SUKU BUNGA BANK, SUBSIDI BBM DAN HARGA MINYAK DUNIA TERHADAP INFLASI DI INDONESIA
PENGARANG:MUHAMMAD BAGUS ADITYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-28


Muhammad Bagus Aditya, (2023) Analisis Tingkat Suku Bunga Bank, Subsidi BBM dan Harga Minyak Dunia Terhadap Inflasi di Indonesia.

Pembimbing : Yunita Sopiana

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat suku bunga bank, subsidi BBM dan harga minyak dunia terhadap inflasi di Indonesia periode 2006-2021.Ruang lingkup penelitian ini peneliti berfokus pada variabel yang akan diteliti yaitu Tingkat Suku Bunga Bank, Subsidi BBM, Harga Minyak Dunia dan Inflasi di Indonesia dengan periode penelitian tahun 2006-2021. Data tahunan dalam bentuk data kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah Ordinary Least Square (OLS). Program Eviews berfungsi sebagai perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini.

Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat suku bunga bank dan harga minyak dunia berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi,di Indonesia dan subsidi BBM berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap inflasi di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat suku bunga bank, subsidi BBM, dan harga minyak dunia merupakan tiga variabel independen yang digunakan. Harga minyak dunia merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap inflasi di Indonesia. Berdasarkan hasil uji F, tingkat suku bunga bank, subsidi BBM dan harga minyak dunia berpengaruh secara simultan terhadap inflasi di Indonesia.

Kata Kunci: Tingkat Suku Bunga Bank; Subsidi BBM; Harga Minyak Dunia; Inflasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI