DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pendugaan Simpanan Karbon Pada Areal Reklamasi Tanaman Kelapa Sawit PT. Borneo Indobara Kabupaten Tanah Bumbu.
PENGARANG:DWI PUTRI AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-29


Peningkatan konsentrasi karbon (CO2) di atmosfer merupakan masalah lingkungan serius yang dapat mempengaruhi sistem kehidupan di bumi. PT. Borneo Indobara (PT. BIB) merupakan perusahaan pertambangan batubara di Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan dengan pemegang Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B). Kegiatan reklamasi dan revegatasi yang dilakukan PT. BIB merupakan bentuk upaya mendukung komitmen Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi sebesar 26% pada tahun 2030 dengan usaha sendiri.  Kegiatan reklamasi lahan pasca tambang dengan menggunakan tanaman kelapa sawit telah dilakukan oleh PT. BIB di area reklamasi pit Batulaki mulai tahun 2009 sampai dengan 2013. Kondisi tanaman di lapangan tumbuh dengan cukup baik walupun di tanam  pada area reklamasi, berbagai upaya rekayasa tanah untuk mampu menumbuhkan kelapa sawit agar kondisi lingkungan dapat terpulihkan seperti pada rona awal yang berfungsi salah satunya sebagai penyimpan cadangan karbon. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pertumbuhan tanaman kelapa sawit pada area reklamasi PT. BIB pada tahun tanam 2009 – 2013.Menganalisis simpanan karbon pada area reklamasi tanaman kelapa sawit pada tahun tanam 2009 – 2013. Menganalisis potensi serapan CO2 pada area reklamasi tanaman kelapa sawit pada tahun tanam 2009 – 2013. Menganalisis simpanan karbon pada tanaman sawit hingga akhir umur tambang di area reklamasi PT. BIB pada tahun tanam 2009 – 2013.

Penelitian dilakukan di Area Reklamasi Tanaman Kelapa Sawit Batulaki di PT. BIB. Pengambilan sampel tanah dilakukan pada area reklamasi kelapa sawit tahun 2009 – 2013. Parameter yang dilakukan pengujian sampel tanah yaitu parameter C-Organik dan parameter bobot isi (bulk density) yang di analisis  di laboratorium PT. Sucofindo. Jumlah pengambilan sampel sebanyak 3 titik pada setiap area tahun tanam. Analisis data yang dilakukan yaitu perhitungan potensi biomassa tegakan kelapa sawit, perhitungan potensi biomassa seresah, pendugaan potensi karbon di atas permukaan tanah, perhitungan karbon per hektar, perhitungan karbon tanah organik, perhitungan simpanan karbon total, perhitungan potensi serapan CO2 dan perhitungan prediksi simpanan karbon tanaman kelapa sawit hingga akhir umur tambang di area reklamasi.

Berdasarkan hasil penelitian Pendugaan Simpanan Karbon Pada Tanaman Kelapa Sawit Di Area Reklamasi PT. BIB yaitu pertumbuhan tanaman kelapa sawit ada area reklamasi PT BIB ditemukan dalam keadaan normal kecuali pada area reklamasi tahun 2009 yang masuk kategori tidak normal, hal itu disebabkan karena kegiatan penataan lahan termasuk penebaran top soil dan pembuatan drainase pada area reklamasi tahun 2009 belum berjalan dengan optimal, yang mempengaruhi ketersediaan unsur hara dalam tanah yang akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Simpanan karbon di area reklamasi PT. BIB tahun 2009 – 2013 sebesar 4.837,87 ton dengan total luas area reklamasi yaitu 101,15 ha. Potensi serapan CO2  diarea reklamasi PT. BIB tahun 2009 – 2013 yaitu sebesar 81,57 Ton CO2/ha/tahun. Model pendugaan simpanan karbon pada tanaman kelapa sawit pada area reklamasi hingga akhir tambang (2036) digunakan model persamaan regresi linier dengan nilai R2 sebesar 0,9647 dengan model yang dihasilkan yaitu "y=2,1341(x)- 7,7287" berdasarkan model yang dihasilkan diprediksi simpanan karbon tanaman kelapa sawit pada tahun 2036 sebesar 52,6 ton.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI