DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, BIAYA LINGKUNGAN, PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN, ISO 14001, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI PERIODE 2017-2021
PENGARANG:DITA AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-29


Dita Amelia (2023).Pengaruh Kinerja Lingkungan, Biaya Lingkungan, Pengungkapan Lingkungan, Iso 14001, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Di BEI Periode 2017-2021. Pembimbing: Dr. Monica Rahardian Ary Helmina, SE, M.Si.

 

Penelitian ini dilakukan untuk (1) Menguji dan menganalisis pengaruh kinerja lingkungan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di BEI; (2) untuk menguji dan menganalisis pengaruh biaya lingkungan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di BEI; (3) untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan lingkungan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di BEI; (4) untuk menguji dan menganalisis pengaruh ISO 14001 terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di BEI; dan (5) untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di BEI.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2017-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 34 perusahaan maka data yang digunakan adalah 170 data. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.

 

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh terhadap profitabilitas, pengungkapan lingkungan berpengaruh terhadap profitabilitas sedangkan biaya lingkungan, ISO 14001, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.

 

 

Kata Kunci: Kinerja lingkungan, biaya lingkungan, pengungkapan lingkungan, ISO 14001, ukuran perusahaan, profitabilitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI