DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN UMUM DENGAN PASIEN BPJS BERDASARKAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
PENGARANG:Ariany Dhesi Puspitasari
PENERBIT:FAKULTAS KEDOKTERAN
TANGGAL:2019-01-21


ABSTRAK
PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN UMUM DENGAN PASIEN BPJS BERDASARKAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA
Ariany Dhesi Puspitasari, Endang Pertiwiwati, Ichsan Rizany
Latar Belakang: Pelayanan keperawatan yang rendah akan menyebabkan ketidakpuasan pasien dan menimbulkan berbagai keluhan. Semakin banyak keluhan maka kepuasan pasien selama dirawat di suatu rumah sakit semakin menurun.
Tujuan: MenganaIisis perbedaan kepuasan pasien umum dengan pasien BPJS terhadap pelayanan perawatan di instaIasi rawat inap Ratu ZaIecha Martapura.
Metode: PeneIitian ini menggunakan deskriptif anaIitik dengan motede pendekatan cross sectionaI. Teknik pengambilan sampeI yang digunakan dalam peneIitian ini adalah quota sampIing. Dengan 60 sampel yang terdiri 30 pasien umum dan 30 pasien BPJS. Kuesioner yang digunakan kombinasi dari peneliti dan dari kuesioner NSNS Kemenkes-JICA. Analisis penelitian ini mengunakan uji mcnemar’s test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 90% pasien umum merasa kurang puas sedangkan 97% pasien BPJS merasa kurang puas. dengan hasil analisis di dapatkan p value>α (0,50>0,05), maka keputusannya adalah Ho diterima yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan pasien umum dengan pasien BPJS berdasarkan mutu pelayanan keperawatan.
Diskusi: Tingkat kepuasan pasien yang masih kurang dirasakan oleh pasien maka diharapkan untuk meningkatkan dalam pelayanan keperawatan yang baik agar dapat memberikan kualitas pelayanan yang optimal terhadap pasien.
Kata Kunci: pasien umum, pasien BPJS, tingkat kepuasan pasien.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI