DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PARTISIPASI MASYARAKAT, AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI DALAM PENGELOLAAN DANA DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA DESA KEPAYANG KECAMATAN TAPIN TENGAH KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:RIDUAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-30


ABSTRAKSI

 

Riduan (2023). Pengaruh Partisipasi Masyarakat, Akuntabilitas, Transparansi, Dalam Pengelolaan Dana Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat Pada Desa Kepayang Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin. Pembimbing: Dra. Nor Hikmah, SE, M.SA, Ak, CA.

 

Penelitian ini dilakukan untuk Menguji dan menganalisis pengaruh Partisipasi Masyarakat, Akuntabilitas, Transparansi dalam pengelolaan Dana desa terhadap pemberdayaan masyarakat pada Desa Kepayang Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin.

 

Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Kepayang yang berjumlah 1.393 jiwa. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah probability random sampling. Sampel dari penelitian ini diambil dengan menggunakan rumus slovin maka diperoleh jumlah responden sebanyak 93 orang. Data diolah menggunakan SPSS 25 untuk melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik analisis regresi linier berganda dengan uji F, uji koefisien determinasi dan uji t.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Partisipasi Masyarakat dan Akuntabilitas berpengaruh positif terhadap Pemberdayaan Masyarakat, sedangkan Transparansi berpengaruh negatif terhadap pemberdayaan masyarakat di Desa Kepayang.

 

 

 

Kata Kunci:Partisipasi Masyarakat, Akuntabilitas, Transparansi, Pengelolaan Dana Desa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI