DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Bobot Karkas, Giblet dan Lemak Abdominal Itik Alabio Jantan (Anas platyrhinchos, Borneo) yang Diberi Ransum Mengandung Ampas Tahu
PENGARANG:DENI PRASATYA SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat penggunaan tepung ampas tahu dalam ransum terhadap bobot karkas, bobot giblet dan  lemak abdominal itik Alabio jantan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan dan empat ulangan dan setiap ulangan terdapat tiga ekor satuan percobaan. Perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tingkat pemberian tepung ampas tahu dalam ransum itik. Perlakuan penelitian ini meliputi: (P0) tanpa penggunaan tepung ampas tahu dalam ransum (kontrol), (P1) tingkat penggunaan tepung ampas tahu 5 % dalam ransum, (P2) tingkat penggunaan tepung ampas tahu 10 % dalam ransum, (P3) tingkat penggunaan tepung ampas tahu 15 % dalam ransum, (P4) tingkat penggunaan tepung ampas tahu 20 % dalam ransum. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan Analisis Sidik Ragam (Anova). Apabila hasil analisis ragam menunjukkan perlakuan berpengaruh nyata atau sangat nyata maka dilanjutkan dengan Uji wilayah Berganda Duncan (Duncan Multiple Range Test/DMRT).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tepung ampas tahu dalam ransum tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap bobot karkas, bobot giblet dan lemak abdominal itik Alabio jantan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI