DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI KEWARGANEGARAAN DALAM MENCIPTAKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN SUNGAI DI DESA KERTAK HANYAR II KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD SARBANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


ABSTRAK

Muhammad Sarbani. 2023. Nilai Kewarganegaraan Dalam Menciptakan Kebersihan Lingkungan Sungai Di Desa Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Wahyu, Pembimbing (2) Mariatul Kiptiah.

 

Kata Kunci: Nilai Kewarganegaraan, Kebersihan, Lingkungan Sungai

Masalah pokok dalam ini adalah pengelolaan sungai di Desa Kertak II belum dikelola dengan baik. Nilai kewarganegaraan yang mempengaruhi dalam pengelolaan dan pemanfaatan sungai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter masyarakat yang terkandung dalam sikap tanggung jawab, partisipasi, dan peduli lingkungan dalam pengelolaan kebersihan lingkungan sungai di Desa Kertak Hanyar II.

Metode penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) Sikap Tanggung Jawab pada masyarakat Desa Kertak Hanyar II dapat dilihat dari masyarakat berinisiatif sendiri membersihkan sampah serta memotong rumah di sungai dekat pekarangan rumahnya, (2) Partisipasi masyarakat dapat dilihat dari pelaksanaan terhadap pengelolaan kebersihan sungai dilakukan baik dengan cara gotong royong atau mandiri, (3) kepedulian masyarakat dapat dilihat dari kesadaran masyarakat yang mulai berangsur-angsur kearah yang lebih baik.

Disarankan masyarakat atau aparat desa hendaknya memiliki sikap tanggung jawab dalam meningkatkan kesadaran dalam memperbaiki pengelolaan sungai. Program pembersihan sungai dari aparat desa dilakukan dengan gotong royong guna mencegah bencana alam di kemudian hari. Masyarakat harus meningkatkan motivasi dalam mengubah kebiasaan mencemari berubah menjadi merawat lingkungan sungai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI