DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS EKONOMI SEKTOR INFORMAL PENYEWAAN KOSTUM BADUT DITENGAH PANDEMI COVID-19
PENGARANG:ULFAH NUR HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


ABSTRAK

 

Ulfah Nur Hasanah, 2023. Aktivitas Ekonomi Sektor Informal Penyewaan Kostum Badut ditengah Pandemi Covid-19, Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Syahlan Mattiro, (II) Laila Azkia.

 

Kata Kunci : Sektor Informal, Penyewaan Kostum Badut, Covid-19

 

Aktivitas Ekonomi Sektor Informal merupakan kumpulan usaha kecil yang membentuk sektor ekonomi, untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memunculkan kesempatan memperoleh pendapatan. Dimasa pandemi covid-19 pemilik usaha harus siap dengan segala tantangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) alasan membuka usaha penyewaan kostum badut (2) cara menjalankan usaha penyewaan kostum badut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih adalah purposive sampling dan informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yaitu Ibu I’is, Ibu Salamah, dan Ibu Lia. Teknik data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan pada 4 Januari 2023 hingga 2 Febuari 2023. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian, dan penarik kesimpulan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini adalah memperpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangualasi, terbagi menjadi triangulasi teknik dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Terdapat alasan membuka usaha penyewaan kostum badut yaitu 1) mencari penghasilan 2) membantu sesama, dikarenakan adanya perasaan senasib akibat perekonomian yang turun akibat pandemi covid-19. (2) cara menjalankan usaha penyewaan kostum badut 1) meningkatkan kuantitas dan kualitas kostum badut 2) promosi media sosial 3) memberi layanan tambahan yaitu, pertama menyediakan jasa antarjemput, kedua menyediakan badut untuk acara, ketiga reward untuk pelanggan tetap 4) proteksi usaha, yaitu pertama menemukan penyewa kostum yang kabur, kedua fotokopi KTP dan kartu keluarga, ketiga membatasi usia penyewa kostum badut.

Berdasarkan penelitian ini pemilik usaha penyewaan kostum untuk disarankan agar terus mempertahankan atau bahkan meningkatan kualitas dan kuantitas penyewaan kostum badut. Bagi mahasiswa yang ingin meneliti tentang aktivitas ekonomi sektor informal dapat meneliti subjek lainnya. Bagi pemerintah untuk lebih memperhatikan kesejahterahan masyarakat dibidang ekonomi khususnya bidang ekonomi sektor informal dan juga badut jalanan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI