DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN ORGANISASI SERIKAT KEMATIAN MAJELIS ZIKIR WAT TA' LIM AL-ABRAR PADA MASYARAKAT DESA GAMBAH DALAM BARAT KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:AULIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


Aulia Rahmah, 2023. Peran Organisasi (Studi Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al- Abrar Gambah Luar Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan). Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rahmat Nur.

Kata kunci: Peran, Organisasi. Serikat Kematian

            Serikat kematian adalah organisasi atau wadah kegiatan sosial yang memberikan pelayanan pada anggotanya berupa pelayanan jasa kematian seperti perawatan jenazah (memandikan, mengafankan, serta melakukan sholat jenazah), sampai pada pengurusan pemakamannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Profil Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al-Abrar (2) Peran Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al-Abrar.

Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Profil Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al-Abrar merupakan serikat yang berdiri dengan tujuan ingin membantu masyarakat yang kurang mampu dalam hal pengurusan kematian yang beroperasi di Masjid Al-Abrar yang beralamat di Desa Gambah Luar KM. 4 Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Serikat ini menerapkan sistem iuran sebesar dua ribu rupiah setiap ada anggota yang meninggal dunia. (2) Peran Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al-Abrar pada masyarakat Desa Gambah Dalam terbagi menjadi tiga yaitu: (a) Peran dalam meringankan biaya kematian anggota Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al-Abrar. (b) eran Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al-Abrar sebagai tempat menambah ilmu agama dan ibadah bagi anggota. (c) Peran Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al-Abrar sebagai tempat mendapatkan ijazah dan batu zikir.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) Bagi Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al-AbrarGambah Luar lebih meningkatkan kegiatan keagamaan yang sudah dimiliki agar para anggota lebih merasakan lagi peran dari Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al-Abrar di luar dari hal kematian. (2) Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk mengembangkan penelitian yang lebih spesifik tentang Serikat Kematian Majelis Zikir Wat Ta’ Lim Al-Abrar Gambah Luar semisal dengan fokus pada ijazah dan batu zikirnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI