DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Penanggulangan Bencana Banjir Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Pada Tahun 2021
PENGARANG:NURUL KHATIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-07-31


Nurul Khatimah 1810411120017 : 2023 “Evaluasi Penanggulangan Bencana Banjir Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bpbd) Di Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah Pada Tahun 2021”. Dibawah bimbingan ibu Avela                     Dewi

Wilayah Kalimantan Selatan terjadi bencana banjir yang merendam 11 diantara 13 Kabupaten dan Kota di Kalimantan Selatan dengan ketinggian air yang beragam mulai dari 30 sentimeter sampai dengan 3 meter, pada kecamatan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang paling sering terendam banjir adalah Kecamatan Haruyan. Maka dari itu peneliti bertujuan untuk mengetahui evaluasi BPBD di kecamatan haruyan kabupaten hulu sungai tengah.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder berupa wawancara dengan informan dan dokumen yang terkait. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterbatasan anggaran penanggulangan becana banjir serta kurangnya sumber daya manusia dalam proses pengavakuasian dan bantuan dilapangan, masyarakat juga tidak sering mendapatkan sosialisasi. Tetapi Terkait dengan BPBD beserta TRC yang dimana mereka sudah menjalankan program program dari 3 pilar manajemen bencana, yaitu ada Pra Bencana, Bencana, Pasca Bencana, hal ini dapat disimpulkan bahwa sudah cukup baik dalam menanggulangi bencana banjir yang ada di Kecamatan Haruyan.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada BPBD atau pihak Kecamatan diharapkan kedepannya bisa lebih banyak mengadakan sosialisasi kepada masyarakat khusus nya Kecamatan Haruyan dengan pengetahuan dalam penanggulangan bencana serta juga bisa memambah personil TRC supaya lebih optimal lagi dalam menangani sebuah bencana.

 

 

 

Kata Kunci: Evaluasi, Banjir, BPBD

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI